Nyeri dada sehabis minum obat, penyakit apakah itu?

I Info Penanya: I, Wanita, 25 Tahun
setelah meminum obat, dada tersa sakit, seakan2 obat tersebut tersangkut di dada, padahal air yang di minum itu banyak, itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya karena gastritis. Gastritis adalah suatu kondisi dimana lapisan lambung mengalami peradangan yang biasanya disebabkan karena infeksi bakteri. Selain karena infeksi bakteri, penyebab gastritis yang lain yaitu akibat mengkonsumsi alkohol, penggunaan obat antiinflamasi (ibuprofen dan aspirin), faktor usia, penggunaan kokain, autoimun, gangguan pencernaan, infeksi virus dll. Gejala yang ditimbulkan berupa mual, muntah, perasaan begah di perut setelah makan, cegukan, perut kembung dan nyeri, muntah darah, selera makan menurun, dan feses berwarna hitam. 

Gastritis yang Anda alami ini kemungkinan merupakan gastritis drug induced (gastritis yang ditimbulkan akibat pemakaian obat). Obatnya bisa berupa obat golongan antiinflamasi dan bisa juga antibiotik.

Untuk mengatasinya, bisa dengan menghentikan obat-obatan tersebut untuk sementara waktu. Selain itu, bisa juga dengan  mengkonsumsi obat-obatan lambung golongan PPI, antasida, dan penghalang histamin. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Persiapkan obat-obatan ketika mudik. Daftar obat yang perlu dibawa yaitu obat mual, obat demam, suplemen vitamin C, obat untuk pencernaan dan obat maag.