30 Jun 2021, 17:56Pernapasan

Nyeri dada kanan kiri setiap hari, masalah di paru atau hanya kecemasan ?

E2
Info Penanya: E20
apakah rontgen dada bisa menyebabkan bahaya kepada tubuh kita dok? saya ingin rontgen dada, karena merasakan rasa sakit dan nyeri di punggung setiap hari, sakit/nyeri dada kanan dan kiri setiap hari, dan tenggorokan memproduksi liur dan dahak kental padahal tidak batuk. namun saturasi oksigen baik. rasa sakit ini sudah jalan 2-3 bulan yang lalu hingga sekarang. agar tidak cemas berlebihan, saya sebetulnya ingin rontgen dada.
456 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Nyeri dada kanan dan kiri setiap hari menimbulkan rasa takut akan penyakit berbahaya sehingga tak jarang seseorang langsung memutuskan untuk rontgen dada agar penyebab diketahui lebih cepat. 

Apa yang menyebabkan nyeri dada kanan dan kiri setiap hari ?

Keluhan nyeri dada kanan dan kiri setiap hari, hingga ke punggung, tenggorokan memproduksi liur dan dahak kental padahal tidak batuk, saturasi oksigen baik, yang sudah dialami 2-3 bulan, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • TBC paru.
  • Pneumonia.
  • Bronkitis.
  • Tumor paru.
  • Benturan ke dada.
  • Sumbatan pembuluh darah jantung yang mencetuskan nyeri dada.
  • Rasa cemas berlebih yang meningkatkan asam lambung hingga ke kerongkongan dan tenggorokan.
Jika Anda ingin rontgen dada untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda alami, hal ini boleh dilakukan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Namun sebaiknya sebelum memutuskan rontgen dada, Anda konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis paru.Pemeriksaan bukan hanya rontgen dada tetapi juga fisik, darah, maupun dahak jika diperlukan. Terus jaga kondisi tubuh Anda, jalani hidup sehat, tidak merokok, makan makanan bergizi, sempatkan olahraga minimal 4 kali salam seminggu, atasi rasa cemas dengan baik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tbcserangan jantungnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil