13 Jun 2021, 15:26Penyakit Lainnya

Nyeri dada kiri tembus punggung apa sebabnya?

T
Info Penanya: T0
Sore dok, akhir-akhir ini dada kiri diarea sekitar puting nyeri hingga menusuk ke punggung, rasanya seperti tertusuk, hanya dalam hitungan detik. Sekitar 1 - 2 detik terasa nyut2an menusuk hingg kedalam. Rasanya it hilang timbul, namun punggung jika melakukan aktivitas ringan salah satu contohnya : mengetik di laptop sekitar 15 menit rasanya seperti sakit dan nyeri. Sebulan lalu saya sudah ke RS dan di EKG dan dokter berkata jantung saya alhamdulillah normal. Saya tidak sesak dok, saturasi baik.
1055 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam TNyeri dada kiri menembus punggung memang sering dirasakan banyak orang yang meresahkan karena bisa menandakan adanya kondisi yang serius seperti penyakit jantung. Tetapi bila sudah diperiksakan dan tidak ditemukan kelainan pada jantung maka penyebabnya bisa dari lambung maupun paru.

Penyebab nyeri dada kiri menembus punggung

Tidak adanya sesak, batuk lama, demam dan didapatkan saturasi yang normal, dan tidak memiliki riwayat penyakit paru berarti nyeri dada kiri juga bukan berasal dari organ paru, melainkan berasal dari lambung. Terdapat berbagai jenis gangguan pada lambung yang bisa menyebabkan nyeri dada kiri menembus punggung. Jenis-jenis gangguan lambung adalah:Gangguan lambung ini dapat muncul dipicu oleh berbagai faktor seperti stres, terlambat makan, berbaring setelah makan atau mengkonsumsi makana atau minuman yang memicu asam lambung meningkat dan sebagainya. Selain gangguan lambung, punggung yang sakit juga bisa disebabkan karena nyeri otot atau sendi tulang yang dipicu oleh posisi duduk yang membungkuk atau postur tubuh yang buruk. 

Mengatasi nyeri dada kiri menembus punggung

Untuk mngatasi berbagai keluhan anda bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan yang disarankan guna meredakan gejala yang dirasakan sementara waktu. Namun untuk mencegah kekambuhan dan keparahan kondisi adalah dengan:
  • Konsumsi makanan bergizi secara teratur, sedikit-sedikit tetapi sering dan tidak terburu-buru
  • Hindari berbaring setelah makan dan beri jarak makan terakhir 3 jam sebelum tidur
  • Perbaiki posisi duduk, hindari duduk terlalu lama dan lakukan peregangan otot-otot tubuh secara berkala
  • Mandi atau berendam air hangat dan melakukan pemijatan perlahan
  • Melakukan berbagai teknik relaksasi untuk menenangkan diri dan mencegah stres
  • Rajin olahraga utntuk mengoptimalkan pengosongan lambung
  • Istirahat cukup dan tidur tidak larut malam
Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi lambung anda apabila sudah berbagai pengobatan dan cara dilakukan namun tidak membaik.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
penyakit paru-paruasam lambungpenyakit jantunggerdtukak lambungdispepsianyeri punggunggastritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil