Nyeri dada kiri tanpa sesak nafas

LM Info Penanya: LM, Pria, 2019 Tahun
assalamualaikum,selamat malam dok. saya mau bertanya, saya sering merasakan sakit dada sebelah kiri tp tidak sesak nafas atau yg lain nya...gejala apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LM

Nyeri dada / angina (angina pectoris) adalah perasaan tidak nyaman atau seperti ditekan, biasanya di dada. Nyeri dada terjadi jika tidak cukup darah yang mengalir ke dalam jantung. Biasanya akibat sumbatan di pembuluh darah arteria atau menurunnya aliran darah yang membawa oksigen ke dalam jantung. Sehingga jantung bekerja dengan oksigen lebih sedikit dan mengakibatkan nyeri.

Selain sakit jantung, nyeri dada bisa disebabkan karena masalah di paru-paru, kerongkongan, otot, tulang iga atau saraf.

  • paru-paru bisa akibat infeksi pneumonia, abses paru, asma, radang selaput paru (pleuritis)

  • saluran cerna bisa akibat asam lambung (GERD), tukak lambung, radang pancreas, batu empedu

  • otot, tulang dan saraf, misalnya di tulang iga, radang otot dan sendi atau infeksi herpes

  • problem psikis, misalnya gangguan kecemasan atau serangan panik

Sementara untuk perawatan di rumah :

  • Saat nyeri, hentikan aktivitas dan istirahat.
  • Hindari stress atau olahraga berat
  • Stop merokok
  • Diet sehat untuk jantung, rendah garam (hipertensi), rendah gula dan rendah lemak (kolesterol). Banyak makan buah dan sayuran, ikan, daging tanpa lemak, atau susu rendah lemak.
  • Kegiatan relaksasi seperti meditasi, latihan nafas atau yoga

Sebaiknya anda langsung konsultasi ke RS dengan Dokter Spesialis Jantung untuk evaluasi lebih lanjut penyebab dari sakit dadanya.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.