Nyeri dada kiri setiap beraktivitas terutama saat menarik nafas. Apakah berbahaya?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 14 Tahun
dok sya ingin tanya kenapa stiap sya beraktivitas dada kiri sya trasa nyeri dan sakit terkadang trasa sperti jantung yg ingin mledak apalagi saat sya mnarik nafas dada kiri sya akan trasa smakin sakit apa ini penyakit berbahaya dok? sya tdk brni blng kpd orgtua stiap sya ingin blng jujur orgtua sya marah dok jdi tolong dijawab sjelas jelasnya y dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sepertinya anda mengalami panic attack atau serangan panik yang terjadi tiba-tiba dan menimbulkan respon tubuh tanpa ada penyebab yang jelas. Bisa terjadi kapan saja bahkan saat sedang tidur. Penyebabnya bisa karena peristiwa berat dalam hidup, peristiwa traumatis, perubahan besar atau riwayat keturunan di keluarga. Wanita usia muda sangat jarang mengalami gangguan jantung terutama bila masih usia produktif dan haid teratur.

Gejala apa saja yang bisa timbul, bila mengalami serangan panik misalnya jantung berdebar-debar, berkeringat, gemetar, sakit dada, sesak nafas, tercekik, kesemutan, mual, pusing, atau seperti mau mati. Bila anda mengalami keluhan sakit dada, tarik nafas panjang dan dalam agar keluhannya berkurang. Lakukan dengan memejamkan mata agar lebih rileks. Bila keluhan nyeri dada tidak berkurang, anda dapat konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Berikut artikel mengenai cara mengatasi serangan panik.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa cemas dan takut yang dirasakan saat mengalami anxiety disorder

Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah rasa cemas dan takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang tidak perlu ditakutkan. Beberapa penyebab anxiety disorder adalah stres dan kondisi medis tertentu.