Nyeri dada kiri setelah trauma

AM Info Penanya: AM, Pria, 19 Tahun
Selamat pagi dok, saya satu minggu yg lalu jatuh dan bagian dada terbentur, tapi sampai hari ini bagian dada sebelah kiri(sebelah kiri payudara, dibawah ketiak) terasa nyeri dan saya mengalami sesak nafas. Apakah nyeri tersebut termasuk gejala sakit jantung? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AM.

Pada rongga dada terdapat beberapa organ dan jaringan seperti otot, tulang, paru-paru, jantung, saluran pencernaan. Sehingga nyeri dada yang anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan pada organ dan jaringan tersebut.

Penyebab nyeri dada kiri yang anda rasakan, dapat disebabkan oleh:
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, perikarditis.
2. Saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti pleuritis, pneumothoraks
4. Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.

Keluhan yang anda rasakan tidak selalu menandakan adanya gangguan pada jantung. Mengingat anda pernah terjatuh dan dada terbentur, nyeri yang anda rasakan bisa diakibatkan oleh trauma tersebut. Namun, untuk menegakkan diagnosis, Sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat, dokter akan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, ada keluhan tambahan seperti keringat dingin, berdebar-debar, batuk, demam, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.