nyeri dada kiri setelah beraktifitas berat dan nafas terasa berat

N Info Penanya: N, Wanita, 34 Tahun
Selamat mlm dok..saya mau tanya..apakah nyeri d dada seb kiri saya pngaruh dri krn saya beraktivitas trllu berat selama 1 mnggu ini,dok?? Baru hari ini saya merasakan nyeri d dada seb kiri.buat nafas jg berat,dok...Apakah itu suatu tanda pnyakit,dan bs kah sembuh kembali,dok?? Kadang klo mau buat nafas,,saya tahan dada kiri saya,dok..Trimakasih,dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan beberapa kondisi seperti mialgia atau nyeri otot, penyempitan jantung koroner/ miokard infark, radang selaput pleura atau pleuritis. 

Pada nyeri dada akibat nyeri otot biasanya terjadi pasca mengangkat beban aktivitas berat, nyeri memberat dengan aktivitas, saat otot bergerak termasuk saat bernafas. Untuk nyeri akibat mialgia dapat hilang dengan melakukan istirahat, kompress dingin dengan es dan pemberian obat antinyeri. 

Untuk nyeri dada pada penyakit jantung koroner biasanya terjadi pada saat beraktivitas, disertai sesak nafas, nyeri dada kiri menjalar ke leher dan lengan kiri seperti di tusuk atau tertimpa, jantung terasa berdebar. Nyeri dada jantung koroner terjadi pada mereka yang memiliki faktor resiko kegemukan, diabetes, merokok, konsumsi alkohol, menjalani pola hidup tidak sehat, kelompok usia dewasa dan lanjut serta memiliki riwayat keluarga penyakit jantung. 

Nyeri dada pleuritik atau radang selaput paru terjadi akibat infeksi, nyeri dipengaru pola nafas. Nyeri juga disertai batuk dan nafas sesak. Beberapa pasien juga memiliki gejala penurunan berat badan, keringat malam batuk lebih dari dua minggu, batuk darah dan demam sebagai tanda infeksi tuberkulosis.

Saya sarankan agar anda istirahat, perbanyak minum air, hindari rokok. Selain itu jika nyeri menetap sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.