TANYA DOKTER

Nyeri dada kiri sebelah kiri dan kanan setelah bekerja disertai sulit bernafas atau sesak nafas

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat malam Ny I

Nyeri dada dapat disebabkan beberapa penyakit seperti nyeri pada otot / myalgia, nyeri radang paru atau selaput paru (pleuritis), nyeri akibat penyempitan pembuluh jantung koroner, nyeri akibat refluks asam lambung(GERD). 

Jika nyeri pada otot dada biasanya dipengaruhi aktivitas pergerakan, hilang dengan relaksasi, biasanya otot yang nyeri terasa panas. Nyeri ini biasanya tercetus akibat stress, trauma, setelah bekerja berat atau olahraga. Untuk nyeri ini bisa hilang dengan istirshat,  kompress dingin atau krim mentol. 

Nyeri dada pada radang paru dan pleuritis, nyeri berhubungan dengan pola menarik nafas, terkadang disertai batuk, demam dan nafas sesak. Untuk nyeri ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter segera.

nyeri akibat penyempitan jantung koroner, biasanya timbul saat aktivitas disertai berdebar dan sesak nafas. Nyeri penyakit jantung juga terkait aktivitas merokok, kegemukan, riwayat darah tinggi dan pola hidup tidak sehat. Untuk nyeri ini saya sarankan untuk istirahat, jika menetap segera ke dokter untuk melakukan rekam jantung EKG karena bahaya tanda serangan jantung yang mematikan. 

Nyeri dada juga dapat timbul akibat penyakit GERD atau reflux asam lambung yang mengiritasi saluran makan esofagus, biasanya nyeri dada disertai nafas terasa berat, dada panas, mual, muntah, nyeri ulu hati dan perut kembung. Untuk nyeri GERD sebaiknya anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter, anda perlu menghindari makanan pedas dan asam, menurunkan berat badan jika gemuk, olahraga, hindari terlambat makan dan hindari tidur setelah makan. 

Selanjutnya anda dapat berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top