Nyeri dada kiri sampai sesak tidak bisa bernafas?

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Dokter dada sebelah kiri saya sakit/nyeri sekali kenapa yah? Kadang sampe sesak ga bisa buat nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri dada kiri dan sesak banyak penyebabnya bisa jantung, paru-paru, otot, atau pencernaan. Apakah anda haid teratur? Bila haid anda teratur kemungkinan untuk sakit jantung lebih rendah daripada laki-laki, berbeda bila sudah menopause maka resiko sakit jantung lebih tinggi. Nyeri dan sesak bisa juga gangguan di paru-paru, namun biasanya disertai batuk atau demam. Sedangkan masalah di pencernaan selain nyeri dada dan sesak, bisa juga disertai mual, kembung atau muntah. Ini adalah penyebab nyeri dada dan sesak yang paling sering pada wanita. Ditambah ada faktor hormonal sehingga stres atau tekanan bisa direspon berlebihan atau yang disebut serangan panik yang umum terjadi pada wanita.

Namun karena sakit dada tidak boleh dipandang remeh, lebih baik anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya bukan dari jantung. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan untuk penyakit jantung bawaan bisa bervariasi tergantung dari jenis penyakitnya

Bisakah Penyakit Jantung Bawaan Disembuhkan?

Penyakit jantung bawaan sebenarnya tidak selalu parah dan dapat disembuhkan. Jika kondisi yang ringan, pengidap penyakit jantung bawaan hanya perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan dokter, untuk melihat perkembangan kondisi jantung. Namun, pada beberapa kasus, perawatan seperti operasi atau pemberian obat perlu dilakukan.