Nyeri dada kiri sampai sesak nafas, kenapa yah ?

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Dokter dada sebelah kiri saya sakit/nyeri sekali kenapa yah? Kadang sampe sesak ga bisa buat nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R

Nyeri dada kiri sering disebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung koroner, nyeri otot dada, nyeri akibat radang selaput paru dan pneumonia.

Nyeri dada penyakit jantung koroner akan dirasa seperti tertusuk dan tertimpa pada dada kiri terkadsng menjalar hingga ke leher, lengan kiri disertai sesak nafas dan dada berdebar. Nyeri dada akibat jantung koroner biasanya terjadi pada orang yang merokok, diabetes, gemuk, sering mengkonsumsi makan berlemak, jarang olah raga,

Nyeri lain pada dada terjadi akibat  nyeri otot/myalgia, biasanya nyeri terjadin akibat stress, terkena trauma, pasca aktivitas olahraga berat. Nyeri myalgia terjadi akibat otot menjadi radang, kaku dan panas. Pada nyeri ini disarankan untuk istirahat, kompress dengan es, atau pemberian cream yang bersifat dingin, jangan memberi balsem yang bersifat panas karena dapat memperparah nyeri.

Penyebab nyeri dada lain adalah pneumonia dan pleuritsi/ radang selaput paru, terjadi akibat infeksi pada paru, nyeri tercetus akibat pola nafas menghirup dan menghembus udara.

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam jika nyeri sudah sering berulang. Dikarenakan dapat menyebabkan bahaya jika berasal dari penyempitan jantung koroner. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat sembarangan bisa picu resistensi antibiotik sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan

Minum Obat Sembarangan Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Mengonsumsi antibiotik saat sakit memang bermanfaat, asalkan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan aturan minum antibiotik. Akibatnya, muncul resistensi antibiotik yang membuat bakteri penyebab penyakit, semakin sulit untuk dibasmi