Nyeri dada kiri saat menarik nafas dalam, apakah gejala jantung?

AK Info Penanya: AK, Pria, 2019 Tahun
Dok dari Minggu lalu dada kiri saya kadang2 menusuk ketika saya bernafas normal tidak terlalu menusuk tapi saat saya tarik nafas dalam rasanya seperti jantung saya terkancing apakah ini gejala penyakit jantung Dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saat anda menarik nafas dalam, ada pergerakan otot dada, pengembangan rongga dada, pengembangan paru-paru serta pergerakan tulang iga. Apakah ada riwayat benturan di dada anda? Apakah anda olahraga secara aktif? Apakah anda berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama misalnya mengendarai motor dalam kemacetan tiap harinya.

Nyeri dada akibat jantung biasanya terasa di bawah tulang sternum (penghubung iga kiri dan kanan), rasanya seperti ditekan atau diremas, saat nyeri durasinya cukup lama diatas 20 menit dan dapat menjalar ke lengan kiri, leher, punggung atau ulu hati. 

Dari cerita anda lebih ke arah nyeri dada akibat otot pernafasan atau tulang iga. Namun karena nyeri dada tidak boleh diremehkan sebaiknya anda evaluasi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pneumonia hanya bisa disembuhkan dengan obat yang diresepkan oleh dokter

Bisakah Obat-Obatan Herbal Jadi Pengobatan Pneumonia?

Penyakit pneumonia tidak bisa diatasi oleh obat-obatan herbal. Meski demikian, penggunaan obat herbal dapat meringankan gejala pneumonia. Pengobatan herbal gejala pneumonia seperti teh herbal, jahe dan kunyit.