Nyeri dada kiri saat aktifitas fisik

AW Info Penanya: AW, Pria, 19 Tahun
Saya sakit dibagian dada kiri sudah 2 hari, rasa ini muncul ketika saya melakukan aktifitas tetapi akan hilang ketika tidak melakukan aktifitas. Ketika aktifitas saya merasakan sakit dada ,mual,kaki dingin,keluar keringat dingin? Apakah ini gejala jantung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AW.

Keluhan yang anda rasakan bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung ataupun dari organ sekitar seperti muskuloskeletal (tulang dan otot). Penyebab nyeri dada kiri yang anda rasakan :

  • Jantung, seperti penyakit jantung koroner, gangguan irama jantung
  • Muskuloskeletal, seperti costocondritis
  • Psikosomatik

Keluhan yang anda rasakan bisa dan tidak menandakan adanya gangguan pada jantung. Untuk menegakkan diagnosis, Sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat, dokter akan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya,  trauma, ada faktor resiko penyakit jantung seperti merokok, konsumsi alkohol, ada keluhan tambahan seperti berdebar-debar, batuk, demam, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung

Tips Penting untuk Menghindari Penyakit Jantung pada Wanita

Wanita juga berisiko terkena penyakit jantung koroner. Pola hidup juga memengaruhi faktor risiko penyakit jantung, misalnya obesitas. Pelajari 8 tips ini untuk menghindari penyakit jantung pada wanita.