04 Nov 2020, 09:06Jantung

Apa diagnosis dari penyakit saya?

AF
Info Penanya: AF0
Dok, mau tanya, saya sudah 2 hari merasa nyeri di dada bagian kiri dan menjalar ke bahu/punggung bagian kiri, dan nyeri akan menjadi sagat sakit ketika menarik nafas yang dalam, mohon diagnosanya dok Terima kasih
684 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, AF.Untuk menentukan diagnosis kerja, seorang dokter harus melakukan anamnesis lengkap (tanya jawab mengenai keluhan yang dialami), pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang. Apabila hanya ada data berupa keluhan, maka seorang dokter mampu membuat diagnosis banding, yaitu kemungkinan-kemungkinan yang mungkin dialami, tetapi belum dapat ditetapkan yang mana penyebab pastinya.Mengenai keluhan Anda, berikut beberapa diagnosis bandingnya:

1. Angina pectoris

Angina pectoris adalah kondisi nyeri dada kiri yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung, karena ada penyumbatan pada pembuluh darah akibat plak. Nyeri dada kiri biasanya menembus ke punggung, serta menjalar ke bahu, lengan, dan rahang. 

2. Pleuritis

Kondisi ini disebabkan oleh peradangan pada selaput paru (pleura). Satu gejala yang khas dari pleuritis adalah 'nyeri pleuritik', yaitu nyeri dada yang bertambah saat menarik napas dalam.

3. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)

GERD adalah refluks atau naik kembalinya asam lambung ke tenggorokan. GERD dapat menimbulkan nyeri dada bagian kiri, tengah, maupun kanan. Selain nyeri, rasa panas di dada juga mungkin dirasakan.

4. Gangguan kecemasan

Keluhan psikologis juga dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Kondisi psikis yang tidak stabil dapat mengganggu sistem kerja tubuh, sehingga menimbulkan sekelompok gejala. Selain empat diagnosis banding di atas, masih ada sangat banyak kemungkinan apabila dilakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Apabila Anda ingin memastikan, berkonsultasilah secara langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam. Setelah dipastikan penyebabnya, terapi yang diberikan akan tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gerdpleuritispenyakit jantung koronerangin duduk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil