Nyeri dada kiri hilang timbul, apa penyebabnya?

F Info Penanya: F
Met malam dok.. Sya mau tanya kenapa sering mengalami nyeri dada kiri kadang muncul kadang hilang tapi tidak disertai dgn sesak nafas.. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Nyeri dada kiri adalah keluhan yang bisa membuat khawatir, karena gejalanya bisa mengarah pada gejala jantung. Tetapi tidak selalu nyeri dada kiri berkaitan dengan jantung, karena bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti gangguan pencernaan misalnya maag dan asam lambung, gangguan pernapasan, gangguan otot dan lainnya.

Sesak napas juga bisa dipicu oleh kondisi yang disebutkan, jadi perlu melihat apa yang menjadi pemicunya. Perhatikan juga kebiasaan sehari-hari apa yang bisa mencetuskan gejala timbul. 

Tidak jarang kebiasaan seperti melewatkan waktu makan, makan-makanan yang mengiritasi lambung, paparan dengan alergen seperti debu, asap rokok, polusi juga bisa menjadi pemicunya.

Untuk itu bisa dilakukan beberapa cara untuk mengurangi gejala timbul seperti:

  • Makan teratur dengan porsi kecil tapi sering
  • Hindari makanan pemicu iritasi lambung
  • Hindari paparan alergen
  • Kelola stres dan cemas
  • Bisa konsumsi obat maag jika ada nyeri ulu hati sebelum makan

Jika keluhan sering kali kambuh maka perlu dilakukan pemeriksaan, nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti rekam jantung atau EKG, foto rontgen dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Krisis nyeri pada bayi adalah salah satu tanda dari anemia sel sabit yang membuat bayi terus menangis

5 Gejala Anemia Sel Sabit pada Bayi, Orangtua Wajib Tahu

Anemia bulan sabit adalah penyakit genetik, yang bisa terdeteksi sejak penderita masih bayi. Orangtua wajib memperhatikan gejala anemia pada bayi seperti krisis nyeri, penyakit kuning, hingga penyumbatan pembuluh darah, terutama saat bayi mulai menginjak usia lima bulan.