Nyeri dada kiri menghilang ketika berbaring ke kanan

AM Info Penanya: AM, Pria, 30 Tahun
Selamat sore dok. Saya mau tanya, dada bagian kiri terasa nyeri, sesak nafas. Saat menarik nafas dalam-dalam ulu hati sakit. Hal itu saya rasakan saat berjalan, duduk. Tapi saat baring arah kanan semuanya jadi hilang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AM,

Keluhan nyeri dada kiri dan napas terasa sesak dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti :

  1. Pleuritis. Peradangan pada selaput pembungkus paru-paru ini menyebabkan keluhan batuk, sesak napas hingga nyeri dada. Rasa nyeri ini bertambah berat ketika tarik napas dalam, batuk, atau bersin.
  2. Jantung koroner. Sumbatan pada pembuluh darah jantung menyebabkan keluhan nyeri dada yang menjalar ke leher, rahang hingga tangan kiri. Selain itu dapat muncul keluhan mual, keringat dingin, sesak napas.
  3. GERD. Asam lambung yang meningkat akan menimbulkan rasa tidak nyaman di dada sperti susah menarik napas. Selain itu penderita juga sering bersendawa, mulut terasa asam, dan tenggorokan terasa panas.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri dada tersebut adalah :

  1. Kompres bagian yang sakit menggunakan air hangat.
  2. Minum teh hangat untuk merelaksasi tubuh.
  3. Berbaring dengan posisi yang membuat Anda merasa nyaman.

Selain itu perlu juga dilakukan beberapa upaya agar keluhan nyeri dada tidak kerap muncul dengan cara makan secara teratur, hindari makan makanan pedas, asam secara berlebihan, hindari makanan berlemak, hindari minuman berkafen, soda, perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Bila keluhan nyeri dada disertai keringat dingin, dada berdebar, muntah, batuk darah makan segera periksakan diri ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.