Nyeri dada kiri disertai kesemutan di lengan kanan, apakah ada hubungannya dengan jantung?

AG Info Penanya: AG, Pria, 2019 Tahun
Waktu bangun tidur tiba2 dada sebelah kiri agak nyeri. Dibarengi dengan tangan kanan kesemutan. Apa ada hubunganya dgan jantung? Kesemutanya berlangsung lumayan lama. Lebih lama dri rasanyerinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AG

Nyeri dada sebelah kiri memang bisa diakibatkan gangguan pada jantung. Namun biasanya penjalaran keluhan ke lengan sebelah kiri bukan sebelah kanan karena jaringan sarafnya berhubungan.

Apakah sebelum anda tidur, anda melakukan aktivitas tidak seperti biasanya? Misalnya olahraga berat atau mengangkat barang? Karena nyerinya bisa terkait pada gangguan di otot dada dan lengan. Posisi saat anda tidur juga bisa berperan, misalnya posisi tertentu dimana dada dan lengan terhimpit sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Namun mengingat keluhan nyeri dada tidak bisa dipandang remeh. Sebaiknya anda evaluasi lebih lanjut dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram dan kejang otot pada saat tertidur biasa dialami oleh sebagian orang di area betis hingga telapak kaki

Kerap Kejang Otot Saat Tidur? Tenang, Anda Tak Sendiri

Kejang otot saat tidur sering terjadi pada orang dewasa dan hanya berlangsung sebentar. Salah satu penyebabnya adalah otot yang terlalu tegang. Kejang otot dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan stretching.