Nyeri dada kiri dan biaya konsultasi

A Info Penanya: A, Pria, 2019 Tahun
"dokter saya ingin bertanya,dada sebelah kiri kadang-kadang nyeri apa ada gangguan pada jantung saya,terus biaya konsultasi sampai berapa dok.mohon bantu jawab dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

Berdasarkan keluhan anda.

Nyeri dada adalah rasa sakit yang dirasakan di daerah dada seperti nyeri biasa, perasaan tidak nyaman sampai rasa sakit seperti ditusuk, tertindih, tertekan, terasa berat, diremas sampai timbul sesak dalam rongga dada. Gejala lain dapat yang dapat timbul adalah keringat dingin.

Nyeri dada dapat disebabkan karena adanya kelainan pada bagian:

  1. Jantung seperti penyumbatan pembuluh darah, otot jantung lemah, radang pada otot jantung dan membran, robeknya lapisan dalam pembuluh nadi terbesar.
  2. Paru seperti penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, radang selaput pembungkus paru-paru, tekanan tinggi pada pembuluh darah di paru.
  3. Sistem pencernaan seperti penyakit asam lambung, batu empedu, radang kantung empedu dan peradangan pankreas.
  4. Otot seperti radang pada tulang rawan atau patah tulang rusuk.

Langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan dirumah sekarang adalah:

  • berbaring atau mencari posisi yang enak seperti setengah duduk ntuk mengurangi nyeri dada.
  • jangan biarkan pasien memakai pakaian yang ketat karena dapat menyebabkan pasien sesak.
  • mengubah pola makan, seperti mengurangi makanan pedas, asam, kopi dan makan yang teratur. Diet rendah lemak dan rendah kolesterol. Kurangi asupan garam, rokok dan alkohol.
  • olahraga rutin empat kali seminggu selama 30 menit.

Jika dengan pertolongan diatas pasien tidak mengalami perbaikan dan nyeri dada semakin berat. Segera ke UGD di rumah sakit. Jika pasien merasakan nyeri dada seperti ditekan, menjalar ke punggung belakang, lengan, leher dan tidak membaik lebih dari 15 menit disertai dengan keringat dingin, mual muntah, jantung berdebar-debar dan sesak nafas. Untuk biaya konsultasi tergantung dari SOP rumah sakit. Jika dokter merekomendasikan pemeriksaan penunjang maka dapat dikonfirmasikan dengan pihak rumah sakit. Anda dapat mengecek harga terlebih dahulu sebelum melakuan pemeriksaan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaga kesehatan mental Anda sebagai cara menjaga kesehatan jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mental yang Baik

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan sebagai cara menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kondisi kejiwaan seperti depresi, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.