Nyeri dada ketika sedang emosional, normalkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya mau sharing. Ada saat saya sering merasa dada terasa nyeri dan sangat sakit setiap kali merasa emosional. Entah sedang sedih, menangis bahkan marah. Kadang rasa sakit di dada bikin sesak. Apakah ini normal dok? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Nyeri dada adalah nyeri yang dirasakan di dada bagian tengah berupa rasa seperti ditindih beban berat, panas, susah bernapas, atau bisa juga berdebar. Keluhan nyeri dada ini bisa disebabkan gangguan di jantung atau adanya gangguan di lambung, stres atau perasaan tertekan misal sedang marah.

Dalam kondisi marah, maka pembuluh darah di jantung akan mengkerut sehingga aliran darah tidak lancar, jantung jadi kekurangan oksigen sehingga akan timbul keluhan nyeri dada dan tekanan darah juga otomatis akan meningkat bila Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah. Hal ini akan berangsur-angsur menghilang bila Anda sudah agak tenang. Selain itu ketika stres otomatis akan memicu produksi asam lambung lebih banyak, sehingga bila asam lambung ini naik ke tenggorokan (GERD), maka akan menimbulkan rasa sesak, panas di dada.

Oleh karena itu pada penderita sumbatan jantung (jantung koroner), ketika sedang marah akan berakibat sangat fatal karena bisa menimbulkan kematian.

Yang dapat Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah :
  1. Belajar meredam amarah.
  2. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan bila Anda merasa nyeri dada.
  3. Minum segelas air putih untuk membantu meredakan emosi.

Bila keluhan tersebut menetap atau sering kambuh, ada baiknya segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti rekam jantung.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala serangan jantung pada wanita yang tidak disadari dapat berupa kelelahan yang tidak biasa, gangguan tidur, dan sesak napas

Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Terlewatkan

Beberapa gejala serangan jantung pada wanita selain nyeri dada sering terlewatkan oleh pasien dan dokter yang memeriksanya. Bila terlalu lama dibiarkan, gejala serangan jantung yang tidak disadari ini akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak.