18 Oct 2021, 06:10Perut

Penyebab nyeri ulu hati saat malam hari, apakah GERD ?

AR
Info Penanya: AR0
Assalamualaikum Dok mau tanya, saya kemarin main sepeda setelah berapa bulan tidak main sepeda, saat malam hari saya terbangun, dada dan uluati saya terasa nyeri, saya pindah posisi tidur masih terasa nyeri, terus saya duduk, agak mendingan dok, nggak lama kemudian saya tertidur dengan posisi tertidur dan saat bangun paginya dada sama uluati saya terasa nyeri, kira-kira kenapa yah dok? Terimakasih
251 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, A.Nyeri ulu hati yang dirasakan dapat menganggu aktifitas dan konsentrasi. Selain itu, nyeri ulu hati yang kambuh di tengah malam membuat tidur menjadi tidak nyenyak terutama jika nyeri ulu hati terus menerus, tidak kunjung membaik.

Apa yang menyebabkan nyeri ulu hati saat malam hari ?

Anda kemarin bermain sepeda setelah berapa bulan tidak main sepeda. Saat malam hari Anda terbangun, dada dan ulu hati terasa nyeri. Anda pindah posisi tidur namun masih terasa nyeri. Kemudian Anda duduk dan nyeri agak berkurang.Setelah itu Anda tertidur dalam posisi berbaring. Saat bangun pagi hari, dada dan ulu hati Anda terasa nyeri, dapat disebabkan oleh maag (dispepsia) atau GERD. Maag atau GERD dapat dipicu oleh beberapa faktor berikut :
  • Makan tidak teratur.
  • Jarak makan yang terlampau jauh.
  • Makan yang terlalu asam dan pedas.
  • Kebiasaan minum kopi.
  • Stress.
  • Minum minuman bersoda.
  • Kebiasaan berbaring setelah makan.
Posisi dapat mempengaruhi asam lambung. Oleh sebab itu ketika Anda duduk, nyeri menjadi berkurang. Anda harus merubah pola makan sejak sekarang. Makan makanan yang bergizi, makan teratur, kurangi makanan dan minuman pemicu asam lambung serta hindari berbaring setelah makan. Anda juga dapat menkonsumsi antasida untuk mengurangi gejala.Jika tidak membaik, segera berobat ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.Baca juga : Obat apa yang harus dikonsumsi penderita asam lambung ?Bagaimana cara mengatasi mengatasi asam lambung dan susah tidur? 
asam lambunggerdnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil