TANYA DOKTER

Nyeri dada dan tekanan darah 160

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat pagi, ET

Nyeri dada dapat menjadi tanda beberapa kondisi penyakit seperti penyempitan pembuluh jantung koroner, disesksi pembuluh aorta, pleuritis/radang selaput paru, GERD/refluks asam lambung, atau nyeri otot/myalgia. 

Jika nyeri pada jantung koroner, biasanya seperti tertusuk dan tertimpa, menjalar ke leher dan lengan kiri, disertai berdebar dan sesak nafas, atau tekanan darah tinggi. 

Nyeri pada diseksi aorta terjadi akibat penipisan pembuluh darah aorta yang dipompa dari jantung yang dapat terjadi saat tekanan darah tinggi, kondisi diseksi ini menjadi keadaan emergensi yang sering ditemukan pada beberapa keadaan.

Nyeri akibat radang selaput paru/pleuritis terjadi akibat infeksi biasanya tbc, nyeri terpicu saat menarik dan menghela nafas.

Nyeri myalgia biasanya pada otot, terpicu akibat pergerakan otot, biasanya hilang dengan istirahat dan kompres es.

Nyeri akibat GERD/refluks asam lambung terjadi akibat pelemahan katup esofagus lambung sehingga asam lambung mengiritasi daeah yang terkena, biasanya disertai nyeri ulu hati, mual dan muntah

Saran saya anda segera membawa adik anda untuk konsultasi dengan dokter spesialis jantung karena nyeri dada disertai tekanan darah tinggi 160. 

Salam sehat

dr. Zulham

1 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

ET
ET 02 Agt 2019, 06:41
Hasil Pemeriksaan jantung di RS S********* Denpasar baik dok, fungsi jantung bagus. atas saran doketr dia difisioterapi, sudah berapa bulan ini rutin fisioterapi tapi masih blm ada perubahan.
Kirim
Back to Top