Nyeri dada dan sesak sampai tulang belakang, apa penyebabnya?

A Info Penanya: A
Hallo dok, sy mau tanya nih hampir sebulan lebih dada saya terasa nyeri banget sampai sekarang dan terkadang terasa panas. Dan kalau saya berbaring terasa nyeri nya. Walaupun saya sudah atur posisi tidur saya baik ke kanan ataupun kiri. Dan sekarang agak sedikit kerasa sampai tulang belakang. Kira kira gejala nya apa ya dok.agak sedikit khawatir. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Nyeri dada merupakan suatu kondisi dimana timbul rasa nyeri, rasa seperti tertimpa beban berat, dan rasa seperti ditusuk yang bisa menyebar ke lengan, rahang, dan juga punggung. Nyeri dada bisa hilang dengan sendirinya tetapi bisa juga menetap. Jika menetap, maka harus segera ditangani lebih lanjut.

Ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan timbulnya nyeri dada, yaitu:

  • Gangguan pencernaan: maag.
  • Gangguan otot dan tulang pernapasan.
  • Gangguan paru: emboli paru-paru.
  • Gangguan cemas berlebih.
  • Serangan panik.

Selain itu, ada beberapa faktor resiko juga yang meningkatkan timbulnya rasa nyeri dada yaitu kebiasaan merokok, penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol, lanjut usia, riwayat kelaurga, obesitas, infeksi paru, dan trauma. 

Untuk memastikan apa penyebab nyeri dada yang Anda rasakan ini, sebaiknya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Sehingga dapat diketahui secara pasti penyebabnya dan terapi yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Detak jantung normal orang dewasa berada pada rentang 60-80 kali per menit

Apakah Detak Jantung Anda Sudah Normal? Ini Cara Menghitungnya

Detak jantung normal orang dewasa adalah 60-80 kali per menit. Anda dapat menghitungnya dengan menempelkan jari tangan di leher atau di pergelangan tangan.