Nyeri dada dan nafas sesak. Demam naik turun, kepala sakit, batuk berdahak warna putih. Bagaimana mengobatinya?

SK Info Penanya: SK, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, ayah saya berusia 61tahun, sakit bagian dada dan nafas terasa sesak, kepala sakit, demam naik turun, batuk berdahak warna putih. Adakah obat herbal yang bisa mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri dada termasuk ke dalam gejala penyakit yang harus diwaspadai lansia. Nyeri dada disertai sesak kemungkinan ada kendala di jantungnya. Kemudian ada juga gejala demam dan batuk berdahak, sehingga penyakit di paru-paru juga belum bisa disingkirkan. Anda juga dapat membaca di artikel macam-macam penyakit paru dan pemicunya. Baik jantung dan paru-paru dengan semakin bertambahnya usia semakin meningkat kerentanannya.

Obat herbal untuk mengobatinya sayangnya belum ada yang terbukti secara ilmiah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan untuk mengurangi risiko nyeri dada yaitu dengan mengubah gaya hidup. Aktivitas sehari-sehari yang dapat diubah, di antaranya :

  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok
  • Menjaga tensi, kolesterol dan gula darah
  • Olahraga rutin 3x seminggu dengan waktu minimal 30 menit
  • Hindari stres dan alkohol
  • Menjaga berat badan

Karena resiko tinggi bila tidak ditangani dengan baik, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung dan Dokter Spesialis Paru-Paru untuk pemeriksaan lebih lanjut dan tatalaksana yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan untuk penyakit jantung bawaan bisa bervariasi tergantung dari jenis penyakitnya

Bisakah Penyakit Jantung Bawaan Disembuhkan?

Penyakit jantung bawaan sebenarnya tidak selalu parah dan dapat disembuhkan. Jika kondisi yang ringan, pengidap penyakit jantung bawaan hanya perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan dokter, untuk melihat perkembangan kondisi jantung. Namun, pada beberapa kasus, perawatan seperti operasi atau pemberian obat perlu dilakukan.