02 Jul 2021, 11:22Perut

Penyebab Nyeri dada Menembus punggung dan Batuk

AE
Info Penanya: AE0
Dok, apakah batuk yang terasa hingga dada dan punggung itu berbahaya? Karena beberapa hari ini saya batuk, dan kondisi saya 2 bulan mengalami nyeri dada kanan dan kiri hingga kini. Batuk masih sekitar 1 mingguan karena tidak terbendung makan gorengan dan krupuk. Tidak sesak dan saturasi oksi ±96 keatas dan nadi ±65 keatas. Nah 3 harian ini ketika batuk atau berdeham rasanya terasa hingga dada dan punggung. Apa solusinya dok?
988 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam AENyeri dada menjadi keluhan yang ditakutkan banyak orang karena berkesinambungan dengan serangan jantung. Namun nyeri dada juga dapat disebabkan penyakut pada paru atau lambung serta otot dan tulang.

Penyebab Nyeri Dada Menembus Punggung

Nyeri dada kanan dan kiri menembus punggung selama 2 bulan bisa mengarah pada adanya gangguan pada lambung. Seringnya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut dnegan GERD (gastroesophageal reflux disease). Asam lambung dapat mengiritasi dinding saluran bagian atas yang dilewati sehingga menyebabkan gejala nyeri dada, dada panas, batuk, tenggorokan mengganjal, sesak, berdebar, mual, kembung dan sebagainya.Saat anda batuk akan meningkatkan kontraksi otot diafragma sehingga mendorong asam lambung naik dan timbullah nyeri dada. Untuk mengatasi kondisi ini tidak hanya dengan pengobatan saja tetapi membutuhkan perubahan pola hidup sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah kekambuhan dan komplikasi penyakit GERD.

Penanganan Asam Lambung Naik

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk penanganan awal pada GERD. Kemudian hal-hal yang perlu anda lakukan adalah:
  • Makan teratur, porsi kecil dan tidak buru-buru
  • Sementara hindari makanan berserat tinggi dan konsumsi yang mudah dicerna
  • Hindari konsumsi rokok, soda, alkohol, kopi, pedas, asam, kanji, ketan, berminyak, santan
  • Rajin olahraga untuk optimalisasi pengosongan lambung dan melancarkan pencernaan
  • Jauhi stres dan tidur cukup tidak bergadang
  • Hindari rebahan atau aktivitas berat setelah makan, jarak makan malam 3 jam sebelum tidur
Bila keluhan terus kambuh atau memberat setelah melakukan pengobatan dan pola hidup sehat maka anda membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam.
asam lambungradang tenggorokangerdbatuknyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil