Nyeri dada berpindah pindah karena apa?

LR Info Penanya: LR, Wanita, 27 Tahun
Slmt malam, dok.Saya punya keluhan soal nyeri di bagian dada tapi berpindah pindah. Kadang tepat di tengah, kadang kiri kadang juga kanan. Ketika berbaring telentang dan mengubah posisi hadap kiri atau kanan, nyeri pada bagian tengah. Tapi detak jantung normal. Tidak berkeringat dingin. Apa yah dok penyebabnya? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam LR,

Nyeri dada merupakan keluhan yang bisa timbul karena beragam penyebab, mulai dari gangguan pernapasan, gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung, gangguan jantung, gangguan otot dan lainnya.

Jika nyeri sering kali dirasakan ada baiknya bisa memperhatikan kondisi apa yang memicu timbulnya gejala dan juga perhatikan gejala apa yang menyertai misalnya adanya sesak napas, adanya mual, ataupun gejala lain untuk membantu dokter menentukan apa yang menjadi penyebabnya. karena nyeri pada ulu hati sendiri memiliki cukup banyak penyebab.

Nantinya dokter juga bisa melakukan serangkaian untuk memastikan penyebabnya seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang misalnya pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG, foto rontgen, rekam jantung ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Upayakan menjaga kebiasaan sehari-hari seperti pola makan, pola istirahat, asupan makan, ataupun juga mengelola stres dengan baik agar keluhan bisa dicegah dan teratasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.