Nyeri dada bagian tengah ada penyebabnya apa?

J Info Penanya: J, Wanita, 20 Tahun
Nyeri dada bagian tengah dada penyebab apa yaa? Bangun tidur di pagi hari terasa sakit sampai 2 hari. Kalau dibuat tidur menghadap keatas dada ini terasa sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang J,

Nyeri dada dapat timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Gangguan pada saluran pernapasan
  • Gangguan jantung
  • Gangguan pada saluran pencernaan ditandai dengan nyeri ulu hati
  • Gangguan pada otot atau tulang
  • Posisi tubuh yang kurang baik saat tidur
  • Adanya trauma seperti benturan pada area dada

Perhatikan keluhan lain yang menyertai seperti adanya nyeri dada menjalar ke bagian kiri, rasa kesemutan di tangan atau leher, perhatikan ada tidak sesak, napas yang berbunyi, keringat dingin, mual atau muntah jika ada segera periksakan diri pada dokter untuk segera mendapat penanganan karena bisa merupakan tanda kegawatan. 

Untuk sementara yang dapat dilakukan adalah memperbaiki pola hidup sehat, jangan melewatkan waktu makan, posisikan tubuh dengan baik saat tidur, gunakan kompres dingin atau hangat untuk mengurangi rasa nyeri, atau bisa mengonsumsi obat untuk mengurangi nyeri yang timbul tetapi upayakan meminum obat pereda nyeri setelah makan agar tidak menimbulkan efek pada saluran pencernaan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tariklah napas dalam-dalam melalui perut dapat menjadi cara mengatasi sesak napas yang anda alami

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Alami

Sesak napas dapat terjadi tiba-tiba dan dapat menggangu aktivitas. Ada beberapa cara mengatasi sesak napas tanpa obat di rumah, misalnya bernapas lewat mulu, bernapas dalam-dalam, dan mengonsumsi jahe segar.