Apakah penyebab dari nyeri dada yang saya rasakan?

KW Info Penanya: KW, Wanita, 18 Tahun
halo dok umur saya 18 tahun mau tanya, saya terkadang merasakan nyeri dada di sebelah kanan tetapi rasanya hilang timbul itu kenapa ya dok?, lumayan panik dok, karena skarang kan sedang ada wabah virus corona.. apakah itu berhunungan?? dan apa yang harus saya lakukan jika rasa nyeri timbul atau obat apakah yang harus saya minum ?? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KW

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri dada merupakan rasa tidak nyaman yang dirasakan pada dada. Nyeri dada bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah adanya trauma / cedera pada otot dan atau tulang-tulang sekitar dada, adanya penyakit jantung, adanya penyakit paru, adanya masalah pada organ pencernaan (GERD), atu bisa juga disebabkan oleh kondisi medis yang lainnya. Pada usia muda, keluhan nyeri dada ini paling sering diakibatkan oleh gastro esofageal reflux disease atau GERD. GERD adalah kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menimbulkan beberapa gejala.

Adapun gejala dari GERD adalah:

  • Heart burn atau rasa panas terbakar pada dada
  • Nyeri dada dan atau ulu hati
  • Mual atau bahkan muntah
  • Rasa pahit dan atau asam pada mulut
  • Tenggorkan serasa berlendir dan ada yang mengganjal
  • Kembalinya makanan / asam lambung ke kerongkongan (reflux)

Sedangkan gejala awal dari infeksi virus corona adalah demam tinggi (biasanya diatas 38 derajat celcius), batu k dan sesak napas. Gejala penyerta dari virus corona ini tergantung usia dan juga penyakit bawaan dari masing-masing individu.

Terkait dengan pertanyaan Anda, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda rasakan. Pastikan Anda tidak terlambat makan, makan makanan bergizi, hindari makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, perbanyak sayur dan buah, hindari stres dan istirahat cukup.

Bila keluhan dirasa tidak membaik, periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.