Nyeri bahu dan mati rasa sampai dengan jari tangan saya?

VI Info Penanya: VI, Wanita, 21 Tahun
dokter, kenapa tangan kanan saya rasa nyeri bahu dan mati rasa sampai ke jari tangan saya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VI

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jaringan saraf tubuh manusia seperti pohon, dimana otak sebagai akarnya dan tulang belakang sebagai batang pohonnya. Keluhan Anda yang terasa di bahu sampai dengan ujung tangan bisa diibaratkan sebagai dahan. Sehingga suatu gangguan saraf di sekitar bahu mengakibatkan gangguan aliran listrik persarafan sampai ke ujung jari yang terasa baal. Jaringan persarafan perifer / tepi berasal dari jaringan persarafan di tulang belakang. Jaringan saraf perifer ini akan memberi sinyal ke otot, kulit dan organ dalam. Karena ada gangguan di saraf tepi maka terjadi gangguan komunikasi dengan otak dan tulang belakang, sehingga otot memberi sensasi nyeri atau kesemutan.

Penyebab keluhan Anda bisa akibat ada cedera fisik atau trauma. Tekanan dalam waktu lama pada suatu jaringan saraf (saraf kejepit) misalnya akibat terlalu lama duduk atau berbaring di tempat tidur. Atau gerakan yang repetitif dan berulang, misalnya bekerja dalam waktu lama di depan komputer. Selain itu kondisi klinis yang bisa menyebabkan gangguan saraf tepi adalah diabetes, kekurangan vitamin, alkohol, gangguan ginjal atau efek obat-obat tertentu.

Untuk mengatasinya makan makanan yang bergizi agar kebutuhan vitamin dan mineral untuk sel saraf terpenuhi. Istirahat yang cukup karena ada kaitannya antara kurang tidur dan gangguan saraf serta sebaliknya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.