04 Jul 2021, 14:54Perut

Nyei punggung kiri hingga ulu hati apa penyebabnya?

SH
Info Penanya: SH0
Siang dok.saya mau bertanya,bangun tidur masih normal,saya buat kopi tiba2 punngung kiri nyeri dan ulu hati, nafas agak berat, sy kerokan tapi nyeri g hilang hilang..tolong infonya dok
248 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam SHAdanya nyeri ulu hati menembus hingga punggung sebelah kiri disertai nafas agak berat atau sesak menandakan adanya akibat asam lambung yang meningkat. Hal ini disebut juga dengan sindrom dispepsia atau sakit maag oleh orang awam yang bisa disebabkan karena berbagai faktor dan kondisi.

Nyeri Ulu Hati Dan Kopi

Asam lambung bisa meningkat karena pola hidup yang tidak sehat seperti makan tidak teratur, konsumsi makanan atau minuman pemicu asam lambung, bergadang, stres, kelelahan atau infeksi. Salah satu pemicu nyeri ulu hati dan sesak pada kondisi anda adalah kopi. Kopi dapat memicu pelepasan hormon gastrin pada lambung sehingga meningkatkan aktivitas pencernaan dan meningkatkan asam lambung.Sehingga bila anda mengkonsumsi kopi saat perut kosong akan dapat menyebabkan iritasi lambung akibat asam lambung yang meningkat. Selain itu juga bisa memicu perut kembung dan diare. Karena itu bila ingin mengkonsumsi kopi maka perlu disertai dengan kudapan atau makanan lainnya sebagai pendamping kopi. Namun lebih disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi jika memiliki riwayat sakit maag kronis dan berulang.

MengatasI Nyeri Ulu Hati

Selain itu untuk meredakan gejala sakit maag atau sindrom dispepsia ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Caranya yakni:
  • konsumsi antasida 30 menit sebelum makan
  • makan teratur, porsi sedikit dan sering serta jenis makanan yang mudah dicerna sementara waktu
  • hindari pula rokok, soda, alkohol, kanji, ketan dan makanan berminyak atau berlemak tinggi
  • minum air rebusan jahe untuk meredakan mual dan kembung
  • tidur malam hari tidak bergadang
  • jauhi stres
  • melakukan olahraga rutin dan menjaga berat badan ideal
Perlu diketahui bahwa penyakit maag perlahan pemulihannya dan tidak hanya dengan obat tetapi harus menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk untuk mencegah kekambuhan dan keparahan penyakit. Apabila keluhan nyeri ulu hati tidak membaik atau semakin bertambah berat maka sebaiknya anda konsultasikan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
asam lambungmaagdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil