Nutrisi Buat Ibu Menyusui

I Info Penanya: I, Pria, 30 Tahun
Dok seorang ibu yang sedang menyusui selain telur makan roti tawar apa sangat dianjurkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam IS,

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui :

  • Protein 2-3x/hari seperti daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan.
  • Makan 3 porsi sayur-sayuran terutama sayuran berwarna hijau gelap dan kuning setiap harinya. 
  • Makan 2 porsi buah-buahan setiap hari.
  • Roti whole wheat, pasta, sereal dan oatmeal.
  • Minum air putih sebanyak mungkin karena ibu menyusui cenderung mudah haus.
  • Tidak boleh diet selama menyusui.
  • Hindari alkohol dan kafein
  • Konsumsi makanan yang mengandung DHA untuk perkembangan otak bayi. Sumber DHA antara lain salmon, bluefish, bass, trout, flounder dan tuna. 

Berapa banyak asupan kalori yang diperlukan : Menyusui memerlukan kalori ekstra. Jika masih mempunyai baby weight dari kehamilan, kelebihan kalori ini dapat digunakan untuk ASI. Akan tetapi jika sudah kehilangan baby weight dari kehamilan, ibu butuh 500-600 ekstra kalori setiap harinya. Saat bayi sudah mulai makan di usia 6 bulan, kelebihan kalori 500-600 ini dapat dihilangkan.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ASI atau susu formula, semuanya kembali kepada Anda untuk memberikan anak nutrisi yang sehat

ASI atau Susu Formula? Berikut Kelebihan Antara Keduanya

Tidak semua ibu mampu memberikan ASI untuk anak. Bisa karena alasan kesehatan, maupun alasan personal lainnya. Baik ASI atau susu formula, sama-sama memiliki kelebihan, sehingga Ibu tak perlu merasa bersalah.