Nutrisi Buat Ibu Menyusui

IS Info Penanya: IS, Pria, 30 Tahun
Dok seorang ibu yang sedang menyusui selain telur makan roti tawar apa sangat dianjurkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam IS,

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui :

  • Protein 2-3x/hari seperti daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan.
  • Makan 3 porsi sayur-sayuran terutama sayuran berwarna hijau gelap dan kuning setiap harinya. 
  • Makan 2 porsi buah-buahan setiap hari.
  • Roti whole wheat, pasta, sereal dan oatmeal.
  • Minum air putih sebanyak mungkin karena ibu menyusui cenderung mudah haus.
  • Tidak boleh diet selama menyusui.
  • Hindari alkohol dan kafein
  • Konsumsi makanan yang mengandung DHA untuk perkembangan otak bayi. Sumber DHA antara lain salmon, bluefish, bass, trout, flounder dan tuna. 

Berapa banyak asupan kalori yang diperlukan : Menyusui memerlukan kalori ekstra. Jika masih mempunyai baby weight dari kehamilan, kelebihan kalori ini dapat digunakan untuk ASI. Akan tetapi jika sudah kehilangan baby weight dari kehamilan, ibu butuh 500-600 ekstra kalori setiap harinya. Saat bayi sudah mulai makan di usia 6 bulan, kelebihan kalori 500-600 ini dapat dihilangkan.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan pembentuk otot umumnya mengandung banyak mengandung protein

7 Makanan Pembentuk Otot yang Dapat Anda Coba

Selain olahraga, makanan pembentuk otot juga perlu dikonsumsi agar bentuk tubuh ideal. Buah, sayur, kacang-kacangan, dan telur adalah makanan yang dapat membantu Anda membentuk otot.