31 Jul 2020, 02:28Kandungan

Konsumsi kunyit putih menyebabkan endometriosis

RD
Info Penanya: RD, Wanita, 1 Tahun
Slamat malam dok. Mau tanya dok apa bener kunyit putih / temu putih bisa mengobati penyakit kista endometriosis...? Tapi pas saya konsumsi punyit putih tersebut. Saya merasa pusing , mual, dan BAB keterusan. Dan BAB nya pun mencret.. ?? Minta saran dari dokter saya harus gimana . Terimakasih sebelumnya.
3949 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NL,Endometriosis adalah adanya kelainan pada organ reproduksi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim, kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah gejala pada wanita seperti rasa nyeri saat haid yang hebat, kram perut, bisa menimbulkan perdarahan hebat saat haid ataupun menimbulkan perdarahan diluar siklus haid, ataupun menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seksual. Faktor risiko yang bisa menjadi penyebab dari endometriosis sendiri diantaranya adalah:
  • Riwayat keluarga dengan kondisi endometiosis
  • Sering mengalami gangguan menstruasi
  • Usia menarche atau pertama kali haid yang terlalu muda
  • Belum hamil
  • Berumur 25 sampai 40 tahun

Kunyit putih

Kunyit sendiri merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat. Kunyit juga ada beberapa jenis salah satunya adalah kunyit putih. Kunyit putih memiliki manfaat seperti membantu mengatasi peradangan, membantu mengatasi masalah lambung, mengurang gejala alergi, memiliki kandungan antioksidan, dipercaya bisa mencegah kanker dan juga bisa membantu menangkal parasit. Kunyit putih sendiri sebagai penyebab endometriosis bisa hanya merupakan mitos dimana untuk membuktikannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.Jika memang tidak memiliki keluarga dengan riwayat endometriosis dan juga tidak ada keluhan seperti yang dijelaskan maka kecil kemungkinannya. Jika timbul gejala yang mirip bisa coba dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kondisinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah reproduksiendometriosisorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil