Normalkah bila tidak haid lagi setelah melahirkan?

AT Info Penanya: AT
Siang dok. Mau tanya dong. Ini saya setelah melahirkan, sempat dapat haid sekitaran 1bulan lebih, tapi setelah itu sampai sekarang saya belum dapat" haid. Mohon dijawab yah dok. Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AT,

Muncul tidaknya haid pada wanita setelah melahirkan tergantung dari menyusui atau tidaknya wanita tersebut. Ketika wanita menyusui secara intensif dalam artian bayi hanya minum ASI, maka seringkali tidak muncul haid, sehingga kondisi ini bisa juga dimanfaatkan sebagai kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan kembali. Namun bila bayi minum ASI yang dicampur dengan susu formula, masih ada kemungkinan untuk wanita tersebut bisa haid sehingga perlu dikombinasi dengan memakai alat kontrasepsi yang lain untuk mencegah kehamilan, karena kadar hormon prolaktin yang tidak terlalu tinggi.

Semakin eksklusif dan semakin lama menyusui, maka haid akan semakin lama muncul.

Selain itu faktor-faktor seperti kelelahan, stres, berat badan yang turun secara drastis juga dapat mempengaruhi siklus haid Anda.

Bila Anda tidak menyusui, namun tidak muncul haid juga, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Dan untuk sementara waktu perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup istirahat, kurangi stres, serta nikmati waktu Anda bersama dengan bayi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar paham dan tidak menyakiti istri, kenali cara berhubunganintim setelah melahirkan.

Panduan untuk Suami Istri, Ini Cara Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Suami harus mengerti, masa setelah melahirkan bisa menurunkan libido istri. Jika ingin berhubungan intim, ada baiknya mengetahui cara berhubungan intim setelah melahirkan, agar nyaman dan aman bagi suami dan istri.