Normalkah bila tidak haid lagi setelah melahirkan?

AT Info Penanya: AT
Siang dok. Mau tanya dong. Ini saya setelah melahirkan, sempat dapat haid sekitaran 1bulan lebih, tapi setelah itu sampai sekarang saya belum dapat" haid. Mohon dijawab yah dok. Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AT,

Muncul tidaknya haid pada wanita setelah melahirkan tergantung dari menyusui atau tidaknya wanita tersebut. Ketika wanita menyusui secara intensif dalam artian bayi hanya minum ASI, maka seringkali tidak muncul haid, sehingga kondisi ini bisa juga dimanfaatkan sebagai kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan kembali. Namun bila bayi minum ASI yang dicampur dengan susu formula, masih ada kemungkinan untuk wanita tersebut bisa haid sehingga perlu dikombinasi dengan memakai alat kontrasepsi yang lain untuk mencegah kehamilan, karena kadar hormon prolaktin yang tidak terlalu tinggi.

Semakin eksklusif dan semakin lama menyusui, maka haid akan semakin lama muncul.

Selain itu faktor-faktor seperti kelelahan, stres, berat badan yang turun secara drastis juga dapat mempengaruhi siklus haid Anda.

Bila Anda tidak menyusui, namun tidak muncul haid juga, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Dan untuk sementara waktu perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup istirahat, kurangi stres, serta nikmati waktu Anda bersama dengan bayi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.