Normalkah bila sperma keluar di pagi hari?

N Info Penanya: N, Wanita, 28 Tahun
dok mau tanya jika malam hari berhubungam intim, tp setiap pagi sperma suami selalu keluar lagi apakah itu normal ???dan jika normal apakah saya bisa hamil karna sperma suami selalu keluar ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Ketika berhubungan seksual dan suami melakukan penetrasi hingga mengalami ejakulasi, maka air mani akan disemprotkan ke dalam vagina dalam jumlah tertentu berkisar 1,5-5 ml, dimana setiap 1 ml air mani akan mengandung 15 juta sperma. Dan untuk terjadinya kehamilan hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur. Sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan sangat besar mengingat sperma yang dikeluarkan sangat banyak, dan sperma dapat bertahan hidup selama 3-5 hari. Selain faktor sperma, untuk menunjang keberhasilan terjadinya kehamilan diperlukan berhubungan seksual di masa subur wanita, posisi berhubungan seksual juga menentukan (hindari berhubungan seksual dengan posisi duduk atau berdiri), biasakan berbaring selama 15 menit ketika selesai berhubungan seksual agar sperma dari suami tidak langsung keluar dari vagina.

Perihal sperma yang keluar dari vagina di pagi hari tentunya hal ini merupakan hal yang sangat wajar terjadi, karena sperma yang dikeluarkan ketika berhubungan seksual di malam hari cukup banyak dan banyak juga yang tidak dipakai dan akan mengalir keluar ketika Anda berdiri atau duduk.

Bila sudah aktif berhubungan seksual di masa subur dalam jangka waktu 1 tahun namun belum muncul tanda-tanda kehamilan, maka lakukan konsultasi dengan dokter kandungan serta suami konsultasi dengan dokter andrologi.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
20 Nov 2019, 11:37
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, usia legal menikah masih jauh lebih muda, dibanding usia ideal menikah pada pria ataupun wanita

Ini Usia Ideal Menikah! Bisa Jadi Jawaban Kalau Ditanya, "Kapan Kawin?"

Usia legal menikah di Indonesia tergolong sangat muda, yaitu 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Padahal, usia ideal menikah sebenarnya jauh lebih tinggi, daripada usia tersebut. Pada saat menikah di usia muda, terdapat risiko seperti komplikasi saat hamil, hingga perceraian.