Normalkah bila lingkar kepala anak kecil ?

BA Info Penanya: BA
Ass sya ibu anisa ,dok sya mau nanya umur ank sya 11 bulan timbangan e 6,3 tinggi nya 6,6,dan lingkaran kpla ank sya kecil..apa itu semua enggk apa",atau berpengaruh dngan kesehatan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BA,

Tumbuh kembang anak akan bergantung pada usia kehamilan berapa anak dilahirkan dan berat badan ketika dilahirkan selain tentunya asupan setelah dilahirkan meliputi ASI dan MPASI.

Pada anak yang dilahirkan cukup bulan dengan berat badan lahir yang sesuai, maka idealnya ketika usia 11 bulan akan memiliki berat badan berkisar diatas 6,8 kg dan lingkar kepala 43,2-46 cm untuk anak perempuan. Sedangkan untuk anak laki-laki 7,5 kg dengan lingkar kepala 44,4-47,1 cm. Namun tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh genetik dari orang tua.

Bila anak Anda mengalami tumbuh kembang yang kurang ideal, misal berat badan kurang atau kepala yang tampak kecil, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak untuk penanganan lebih lanjut. Namun Anda jangan berkecil hati, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, dan sangat bervariasi, anak kedua belum tentu sama perkembangannya dengan anak pertama terlebih dengan perkembangan anak orang lain.

Berikan asupan nutrisi yang bervariasi, perbanyak konsumsi sayur, buah dan protein serta selalu rutin minum susu, dan jangan lupa untuk selalu menstimulus anak Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mendukung perkembangan anak melalui permainan yang menyenangkan.

6 Langkah untuk Membantu Perkembangan Anak Prasekolah

Masa prasekolah merupakan periode emas anak yang membutuhkan perhatian lebih. Tak hanya mebutuhkan tanggung jawab besar, hal tersebut juga menuntut Anda bersikap cerdas dalam mendukung perkembangan anak dan membentuk kepribadiannya.