Keguguran dan diberi obat oleh dokter Kandungan, apakah boleh dihentikan ?

SI Info Penanya: SI, Wanita, 28 Tahun
Dok sy wanita 28 th sdh menikah, tgl 15 juni saya ngeflek coklat smp tgl 30juni trus mengeluarkan gumpalan coklat sebesar ujung jari jempol tangan, sy pergi ke dokter kandungan di usg katanya saya hamil(8week) tapi jalan ke keguguran..rahim saya hampir kosong.saya dikasih resep norelut.baru 2x minum perut saya sakit sekali dan mengeluarkan darah spr haid, tp smp sekarang perut sy masih sakit tp darah gk keluar.apakah rahim sy blm bersih?apakah sy boleh berhenti minum norelut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SI.

Keguguran merupakan kehamilan yang tidak dapat bertahan sebelum mencapai usia 20 minggu. Perdarahan adalah tanda awal dari keguguran yang dapat disertai dengan sensasi kram atau nyeri perut bawah. Penyebab dari keguguran sering kali tidak mudah untuk diidentifikasi. Umumnya, keguguran pada trimester pertama kehamilan dipicu oleh gangguan pada janin. Sedangkan keguguran pada trimester kedua dan selanjutnya disebabkan oleh kondisi Ibu.

Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, antara lainnya ialah :

  • usia Ibu diatas 35 tahun
  • memiliki riwayat keguguran 
  • memiliki penyakit kronik, salah satunya diabetes
  • adanya gangguan pada alat reproduksi wanita
  • memiliki kebiasaan buruk seperti perokok, pengguna obat-obatan dan penyalahguna alkohol
  • kegemukan atau terlalu kurus

Mengenai keluhan yang Anda alami, sebelumnya kami turut berduka. Terkait dengan pertanyaan Anda mengenai keadaan rahim Anda apakah sudah bersih atau belum, untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pengecekan melalui pemeriksaan USG. Apabila menurut hasil pemeriksaan USG masih ada sisa jaringan yang tersisa, maka mungkin akan disarankan untuk menjalani prosedur kuretase.

Sedangkan keluhan nyeri perut yang dirasakan bisa jadi karena proses keguguran yang dialami. Namun demikian, penghentian obat yang diresepkan hanya dapat diputuskan oleh dokter Kandungan yang menangani Anda, karena beliaulah yang mengetahui kondisi Anda sejak awal. Untuk itu, ada baiknya segera menemui dokter Kandungan Anda kembali.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keracunan kehamilan dapat ditandai dengan nyeri perut bagian atas dan sakit kepala hebat

Tanda-tanda Keracunan Kehamilan yang Wajib Bumil Ketahui

Keracunan kehamilan dapat terjadi pada sebagian ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi setelah memasuki usia kehamilan 20 minggu. Pada kasus yang parah, keracunan dapat menyebabkan kematian.