Noda hitam diwajah?

WT Info Penanya: WT, Pria, 18 Tahun
dok cara atasi noda hitam di wajah gimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam W, 

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Apakah noda hitam diwajah berbentuk bintik-bintik hitam? Jika iya maka sering disebut flek.

Flek adalah bintik-bintik hitam akibat peningkatan melanian pada kulit. Penyebab terjadi flek adalah sering terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Penyebab yang lain juga dikarenakan genetik, ketidak seimbangan hormon, kehamilan, efek pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur dan stres. Flek tidak menimbulkan ras sakit dan tidak berbahaya. Beberapa cara untuk memghilangkan flek hitam adalah krim pemutih dan krim retinoid yang diresepkan oleh dokter, penggunaan laser, peeling, cryosurgery. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Untuk pencegahan supaya tidak bertambah banyak, disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30-50 dan menggunakan pelindung seperti topi, pakaian lengan panjang, dan penutup lainnya jika sedang aktivitas di luar. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih detail bisa membaca artikel kami mengenai Flek Hitam

Salam Sehat.

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keringat yang berlebihan bisa menyebabkan rasa gatal dan terkena panu

Tidak Hanya Warna Putih, Ada Juga Panu Hitam. Ketahui Juga Penyebabnya!

Panu adalah infeksi jamur yang menyebabkan perubahan warna pada area kulit tertentu. Bercak pada panu biasanya berwarna putih, merah, ataupun coklat. Namun, tidak menutup kemungkinan bercak panu dapat berwarna hitam.