26 Mar 2021, 21:16Infeksi

Bagaimana cara baca hasil rapid antigen?

P1
Info Penanya: P10
Saya melakukan rapid antigen, lalu hasil positif sedangkan nilai rujukan tulisannya negatif, artinya bagaimana ya dok?
896 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi P,Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, pemeriksaan deteksi dini baik rapid tes antibodi atau swab antigen tes seringkali dilakukan untuk berbagai keperluan. Pemeriksaan mana yang Anda lakukan apakaha rapid tes antibodi ataukah swab tes antigen?Terlepas tes manapun yang Anda jalani bila nilai rujukan negatif maka seharusnya orang dikatakan normal bila hasilnya juga negatif. Namun bila hasil Anda positif maka dianggap Anda terinfeksi virus corona. Tetapi Anda perlu memastikannya menggunakan tes PCR.

Perbedaan antara rapid tes antibodi dengan swab antigen tes adalah:

  • Pada rapid tes antibodi mendeteksi adanya antibodi untuk melawan virus corona. Sehingga bila di dalam tubuh Anda terdeteksi adanya antibodi maka dicurigai ada virus corona di dalam tubuh Anda.
  • Sedangkan pada swab antigen tes bila hasilnya positif maka dianggap ada virus corona di dalam tubuh Anda.
Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan kondisi Anda. Bila hasilnya positif namun tidak bergejala atau hanya ada gejala ringan saja maka lakukan isolasi mandiri di rumah dan terapkan protokol kesehatan. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin dengan cara banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, minum vitamin C, berjemur setiap hari, dan tentunya cukup tidur dan tidak stres.Salam sehat,dr. Vina
infeksi viruspola hidup sehatcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil