18 Sep 2020, 21:22Infeksi

Cara baca rapid tes bagaimana?

SK
Info Penanya: SK, Wanita, 35 Tahun
Doc. Sy melihat hasil rapid seorang teman. Igg+ igm+ keduanya reaktif doc.. Akan tetapi nilai rujukan non reaktif. Mohon penjelasannya doc, mengapa nilai rujukan non reaktif... Mohon pencerahannya. Terimakasih
3492 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang SK,Rapid tes COVID-19 adalah pemeriksaan yang mendeteksi ada tidaknya antibodi di dalam darah orang yang diperiksa. Bila ditemukan adanya antibodi maka dianggap orang tersebut pernah atau sedang terpapar virus corona, tergantung hasilnya apakah IgM yang reaktif atau IgG nya yang reaktif atau keduanya reaktif semua.

Nilai normal pada rapid tes memang non reaktif yang artinya tidak terdeteksi adanya antibodi terhadap virus corona. Sedangkan pada rapid tes ada 2 hal yang perlu dilihat yakni:

  • IgM yang artinya antibodi saat ini di mana virus sedang aktif.
  • IgG yang artinya antibodi dalam fase pemulihan.
Bila hasil rapid teman Anda IgM dan IgG nya reaktif semua artinya di dalam darah teman Anda terdeteksi adanya antibodi terhadap virus corona sehingga kemungkinan besar terdapat virus corona di dalam tubuhnya. Sehingga perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR untuk memastikan ada tidaknya virus corona.

Yang perlu teman Anda lakukan saat ini adalah:

  • Melakukan tes PCR.
  • Selama menunggu hasil tes PCR, lakukan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh baik dengan cara makan dan minum secara teratur, cukup tidur dan tidak bergadang.
  • Berjemur setiap hari selama 15 menit.
  • Minum vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Gunakan masker agar tidak menularkan ke orang lain.
Bila ada keluhan, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit agar bisa ditangani dengan baik.Salam sehat,dr. Vina
infeksi viruspola hidup sehatcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil