Masa nifas dan munculnya lokia

DR Info Penanya: DR, Wanita, 23 Tahun
Selamat pagi,Di minggu ke-6 pasca nifas vagina saya masih mengeluarkan darah. Setelah suntik KB dan dua hari kemudian darah berhenti. Minggu ke-7 di pembalut tampak putih kekuningan tapi bukan lendir, Apa artinya masa nifas saya sudag berakhir dan itu merupakan keputihan?Mohon penjelasannya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DR,

Masa nifas adalah masa yang dihitung mulai dari plasenta dilahirkan sampai 6-8 minggu lamanya. Selama masa ini tubuh mengalami pemulihan seperti sebelum hamil, seperti berat badan berangsur-angsur turun, serviks mulai menutup, rahim semakin mengecil, dan vagina mulai merapat.

Selama masa nifas ini akan muncul lokia (darah yang keluar dari vagina) yang berisi darah, sisa-sisa jaringan rahim, jaringan lemak janin, rambut janin, kotoran janin, dll.

Berikut ini tahapan-tahapan perubahan lokia :
  • Lokia lubra, ditandai dengan warna merah segar, akan muncul selama 3 hari pertama.
  • Lokia sanguinolenta, ditandai dengan warna merah dan berlendir, akan berlangsung selama 1-2 minggu.
  • Lokia serosa, ditandai dengan warna kuning kecoklatan lalu merah muda, mulai dari minggu kedua hingga 1 bulan setelah melahirkan. 
  • Lokia alba, ditandai dengan warna kekuningan lalu bening, berlangsung dari minggu ke-4 selama 2 minggu, sehingga akan berakhir di minggu ke-6. Bila cairan lokia sudah berwarna bening, artinya masa nifas Anda berlangsung dengan baik dan normal.

Yang Anda alami bisa berupa lokia alba yang sedikit memanjang durasinya atau memang mengalami keputihan. Anda perlu waspada bila cairan putih kekuningan tersebut menimbulkan rasa gatal, berbau, panas ketika BAK, atau muncul demam.

Saat ini yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan area kelamin dengan cara :
  1. Selalu basuh kelamin dari arah depan ke belakang dan mengeringkan setelahnya.
  2. Hindari menggunakan sabun pembersih khusus.
  3. Selalu ganti pembalut secara teratur.
  4. Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas setiap hari.
  5. Hindari makanan yang terlalu manis serta keju.
  6. Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat.

Bila keluhan Anda berlangsung melebihi 8 minggu, berarti Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kaki bengkak setelah melahirkan dapat diatasi dengan berbagai cara

Atasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dengan Langkah-langkah Ini

Saat hamil, beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, terutama pada kaki. Kondisi pembengkakan ini bahkan bisa kembali muncul setelah Anda melahirkan. Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan?