25 Feb 2021, 08:09Kandungan

Nifas 23 hari sudah berhubungan seksual apa boleh?

OO
Info Penanya: OO0
Selamat pagi dok... Saya nifas baru 23 hari tapi sudah melakukan hubungan intim dengan suami saya apakah berbahaya? Dann kemungkinan akan terjadi kehamilan?
798 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang OO,Berhubungan seksual adalah salah satu kebutuhan manusiawi yang berguna untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan pasangan serta mengurangi stres karena bisa memberikan rasa nyaman atau relaksasi bagi tubuh.Kendala berhubungan seksual ini muncul bila Anda dalam posisi haid, sedang hamil atau paska melahirkan. Karena tentunya pasangan Anda tidak bisa leluasa bila ingin berhubungan seksual. Perihal bolehkah masa nifas baru 23 hari sudah berhubungan seksual? Maka dari segi medis harusnya masa nifas atau fase pemulihan paska melahirkan ini selama 40 hari, dan tentu saja diperbolehkan berhubungan seksual bila sudah lewat dari 40 hari.

Bila Anda sudah berhubungan seksual sebelum masa nifas selesai maka beberapa risikonya antara lain:

  • Anda mengalami perdarahan.
  • Timbul infeksi pada organ reproduksi Anda.
  • Jahitan akan robek kembali.
  • Terjadi kehamilan bila Anda tidak menggunakan KB. Namun kemungkinan terjadinya kehamilan ini kecil bila Anda dalam posisi memberikan ASI ekslusif ke bayi Anda.
Sebaiknya hendalikan napsu seksual dan tunggu sampai lewat 40 harinya agar organ reproduksi Anda bisa segera pulih dengan baik dan mencegah timbulnya komplikasi. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda mengalami perdarahan banyak.Salam sehat,dr. Vina
kehidupan pasca melahirkanhubungan seksualpenggunaan kbibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil