Ngilu pada kaki post operasi, apa penyebabnya?

AA Info Penanya: AA
Halo dok, saat saya kecil saya pernah operasi pada bagian kaki karena bentuk yang kurang sempurna. Sekarang saya sudah berusia 17 thn sejak sd sering sekali merasakan ngilu pada kaki/tulang kaki (terkadang sakitnya sangat luar biasa). Kira" Kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, masih belum bisa dipastikan penyebab nyeri atau ngilu dari kaki Anda. karena Anda tidak memberikan keterangan operasi kaki apa dan kapan operasinya. Sehingga kami susah untuk mendiagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami.

Sering nyeri atau ngilu pada kaki setelah operasi merupakan hal yang wajar, apabila nyeri atau ngilunya tidak di rasakan terus menerus. Nyeri atau ngilu bisa disebabkan karena proses penyembuhan otot dan saraf disekitar tulang kaki Anda. Namun jika operasinya sudah lama, tentunya proses penyembuhan luka sudah baik. 

Untuk meringankan nyeri atau ngilu pada kaki Anda, ada beberapa cara :

  • Sering olahraga ringan, jangan beraktivitas terlalu berat
  • Lakukan kompres hangat pada area yang sering nyeri
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu
  • Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah

Jika keluhan nyeri dan ngilu pada kaki Anda terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter orthopedi, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, untuk mencari tau penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

cara menghilangkan dan menyembuhkan varises di kaki dengan obat dan alami

Catat! 6 Cara Menghilangkan Varises yang Bisa Anda Coba di Rumah

Varises sangat mengganggu penampilan. Namun, olahraga rutin dan menggunakan stoking khusus bisa jadi cara yang baik untuk menghilangkan varises di kaki. Apa lagi?