Ngilu di kaki, terkadang dari pinggul sampai betis membuat sulit berjalan

ET Info Penanya: ET, Wanita, 2019 Tahun
pagi dokSaya mau nanyaKaki saya sering ngilu gituGilu nya dari pinggul sampai ke betis saya dok. Dan kalau sudah kabuh sakit sakali dokKadang jalan aja jadi susah dokMohon bantu jawab dokTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ET

Penyebab ngilu atau nyeri pada kaki dapat bersumber dari keram atau kaku otot, dapat juga bersumber dari masalah sendi, tulang hingga penekanan pada tulang belakang. Jika ngilu dirasakan dari pinggul hingga betis dan kaki, harus dievaluasi apakah ada penjalaran nyeri dan panas, apakah juga ada kelemahan anggota gerak hingga hilangnya rasa sensorik/rasa kebas/ kesemutan. 

Penyebab tersering pada wanita adalah akibat aktivitas mobilitas tinggi, terlalu gemuk, penggunaan sepatu highheels. Kondisi tersebut dapat merubah struktur tulang belakang pinggang, pinggul hingga merubah struktur ke tungkai bawah. 

Saya sarankan anda untuk istirahat, jangan sering mengangkat beban berat, hindari sepatu hak tinggi, jika terlalu gemuk disarankan untuk menurunkan berat badan. Anda juga dapat mengkompres kaki dan betis dengan es/kompres dingin.  

Anda juga dapat berkonsultasi dulu dengan dokter umum untuk apakah perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang.

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bokong sakit yang biarkan terus-menerus dapat mengganggu aktivitas

Bokong Sakit Terasa Mengganggu? Kenali Pemicunya

Bokong sakit adalah salah satu keluhan yang umum dirasakan orang yang telah lanjut usia. Namun ada beberapa penyebab bokong sakit, mulai dari luka akibat jatuh hingga penyakit tertentu.