08 Oct 2020, 06:30Kandungan

Ngilu di bagian atas vagina

SA
Info Penanya: SA0
Assalamualaikum dok. Saya sering merasakan ngilu di atas vagina saya setelah melahirkan anak yang ke 2. Biasanya terasa sa.at bangun tidur. kenapa ya dok? Bahaya gak ya?
1067 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SA.Secara anatomi, organ tubuh yang terletak di bagian atas vagina adalah rahim. Apabila rasa ngilu dan nyeri benar berasal dari rahim, dan muncul pasca melahirkan anak kedua, maka kemungkinan besar hal ini wajar adanya. Pasalnya, setelah melahirkan, rahim yang membesar akan berangsur-angsur kembali ke ukuran normalnya, dan ini dapat menimbulkan rasa nyeri ringan yang hilang dengan sendirinya.Tetapi, apabila nyeri terasa berat hingga mengganggu aktivitas, atau ada gejala lain seperti demam, maka ada beberapa kemungkinan lain, yaitu:
  • Adanya infeksi rahim pasca proses persalinan
  • Proses penyembuhan luka yang abnormal (apabila Anda melahirkan secara caesar)
  • Sisa plasenta yang tertinggal pada rahim
  • Infeksi kandung kemih, yang dapat terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan vagina
Untuk sementara, Anda dapat mengompres bagian yang ngilu dengan handuk hangat. Usahakan tidak bergerak membungkuk atau melakukan posisi lain yang menyebabkan kontraksi otot perut bawah dan sekitarnya. Lalu, konsumsi bahan alami yang mengandung magnesium seperti pisang dan bubuk kakao untuk membantu merelaksasikan otot.Apabila nyeri tak kunjung hilang walau sudah satu bulan melahirkan, atau ada gejala-gejala lain seperti yang telah disebutkan, segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang guna memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencingkehidupan pasca melahirkankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil