KB suntik, mengapa tiap bulan tetap flek?

GY Info Penanya: GY, Wanita, 1 Tahun
Hai dok sya FAMau tanya dong dok..Saya ikut kb suntik yg 3bulan dari sesudah lahiran, katax sih klau sudah ikut kb yg 3 bulan gak akan men atau ngflek tapi knpa sya sering ngflek ya dok? Trus ngflekx itu rutin lagi tiap bulan tapi cuman sedikit" kyak orang yg sudah mau selesai men gitu. Kta dokter itu gpp malah bagus.. Ok lah itu nasehat dokter. Heranx anak sya sampai umur 2thun lebih sya masih mengalami ngeflek. Dan baru skrng ini sya habis ngflek kyak yg men dok agak bxk dri yg sebelum"x gtu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GY

Terima kasih atas pertanyaan Anda

KB merupakan sebuah gerakan untuk membatasi jumlah kelahiran dengan bantuan alat kontrasepsi. Adapun macam dai alat kontrasepsi yang sering digunakan adalah pil KB, KB suntik, IUD, implan (KB susuk) kondom dan lain sebagainya. 

KB suntik sendiri merupakan salah satu contoh alat kontrasepsi yang paling diminati hal ini dikarenakan tingkat keberhasilannya mencapai 99% jika di lakukan dengan rutin sesuai jadwal. KB suntik merupakan salah satu contoh alat kontrasepsi hormonal. 

Adapun beberapa kekurangan dari KB suntik adalah:

  • Siklus haid menjadi tidak teratur (bisa tidak haid, bisa lebih banyak)
  • Mengeluhkan sakit kepala, kembung, nyeri pada payudara
  • Mood swing
  • Tidak melindungi dari penyakit menular seksual
  • Dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang
  • Jika ingin hamil kembali, membutuhkan waktu lebih lama

Terkait dengan keluhan Anda, jika muncul flek setiap bulan (seperti menstruasi) hal tersebut kemungkinan memang salah satu efek dari penggunaan KB. Namun, jika sudah berjalan sampai 2 tahun, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan USG.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, hindari stres dan kelelahan, lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.