Keluar flek dan testpack positif

YT Info Penanya: YT
Dok umur saya 24 tahun Di tanggal 29 juni saya tespek positf tapi keluar flek coklat, saya browsing katanya darah implantasi, tapi sampai sekarang tanggal 14 juli saya masih kelur flek, di tespek masih posif, bukannya kalau darah impantasi keluar hanya 1 sampai 3 hari saja, knapa saya kok sampek belasan hari?Sebelumnya terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YT,

Flek darah adalah kondisi yang bisa terjadi pada saat kehamilan baik akibat perdarahan implantasi, masalah organ reproduksi seperti adanya polip, tumor jinak, tanda ancaman keguguran, masalah kehamilan seperti gangguan letak plasenta, gangguan letak janin seperti misalnya kehamilan ektopik dan penyebab lainnya.

Apabila didapatkan hasil testpack positif, bisa terdapat peningkatan hormon hCG tetapi perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG. Nantinya dapat diketahui juga penyebab perdarahannya. Apabila ada ancaman keguguran maka perlu dilakukan beberapa upaya pencegahan hal seperti:

  • Segera periksakan diri
  • Perbanyak istirahat 
  • Hindari aktivitas fisik berat
  • Konsumsi asam folat
  • Kelola stres
  • Jaga asupan dan pola makan

Nantinya dokter juga dapat memberi penguat janin jika tidak ada tanda-tanda ancaman keguguran. Tetapi jika terjadi keguguran nantinya perlu dipastikan apakah tidak ada lagi sisa jaringan di rahim. Apabila terjadi keguguran, pemeriksaan testpack dapat tetap positif hingga beberapa waktu karena kadar hormon dapat menetap.

Segera periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan terutama jika ada rasa nyeri perut hebat, kram perut bawah atau nyeri punggung untuk memastikan kondisi Anda dan diberikan penanganan sesuai kondisinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Janin aktif bergerak sebelah kanan bukanlah penanda jenis kelamin Si Kecil.

Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan, Haruskah Ibu Hamil Waspada?

Janin aktif bergerak sebelah kanan menandakan posisinya di rahim, bukan jenis kelamin. Jangan sampai Anda terkecoh dengan mitos yang banyak beredar, ya!