Tidak datang bulan selama 4 bulan, apakah penyebabnya ?

GS Info Penanya: GS, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya Saya sudah 4 bulan berturut turut tidak datang bulan Dan saya belum pernah berhubungan intimDan di kulit atau alat reproduksi saya sering gatal sampai merah gitu dokDan keputihan saya lancar Apa penyebabnya ea dokMohon infonya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, GS.

Keadaan tidak datang bulan merupakan hal yang sering kali dikeluhakan oleh wanita. Terdapat berbagai faktor yang bisa mendasarinya, dari mulai gangguan keseimbangan hormon hingga, hingga penyakit tertentu.

Berikut beberapa faktor dan kondisi medis tersebut :

  • obesitas atau gizi kurang
  • pola makan tidak sehat
  • stres
  • kelelahan
  • kurang berolah raga atau bahkan berlebihan
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti PCOS, gangguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai Anda yang tidak kunjung mengalami datang bulan atau haid, mungkin disebabkan oleh salah satu faktor diatas. Namun demikian karena sudah berjalan selama 4 bulan dimana sudah cukup lama jika dibandingkan dengan siklus normal haid yang berkisar antara 21-35 hari maka sudah perlu diperiksakan karena dikhawatirkan didasari oleh kondisi medis atau penyakit tertentu pada alat reproduksi Anda.

Sementara ini, Anda dapat mencoba cara alami seperti konsumsi air rebusan jahe dan kunyit serta bubuk kayu manis. Selain itu Anda dapat mulai melakukan olah raga ringan seperti yoga yang perlu dilakuakn secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit setiap sesinya. Untuk memastikan faktor penyebab dari keadaan tidak kunjung datang bulan pada Anda, ada baiknya diperiksakan ke dokter Kandungan secara langsung.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fight or flight adalah mekanisme respons tubuh saat menghadapi stres – dengan memilih antara melawan (flight) atau lari (flight)

Mengenal Mekanisme Fight or Flight Sebagai Respons Diri Terhadap Bahaya

Fight or flight adalah respons tubuh saat menghadapi bahaya yang membuat kita memilih antara melawan (fight) atau berlari (flight). Tubuh yang mendeteksi ancaman akan membuat perubahan hormon dan fisiologis sehingga kita pun berpikir cepat untuk mempertahankan diri.