26 Nov 2020, 17:48Penyakit Lainnya

Penyebab benjolan TB kelenjar yang muncul kembali

PR
Info Penanya: PR0
Hallo dok, saya perempuan berumur 22thn, Tahun kemaren saya melakukan operasi TBC kelenjar dan menjalankan obat jalan selama 9 bulan Dan sekarang 3bln sesudah obat jalan muncul lagi benjolan bekas yang dulu dok, Gimana cara mengatasinya dok, apakah saya harus obat jalan lagi ?? Terima kasih dokter,,
797 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
HAllo PR,Saya akan menoba menjawab pertanyaan Anda.TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kuman TBC dapat mengendap di paru-paru yang disibut TBC pulmonal. Kuman TBC juga dapat menyerang organ lainnya yang disebut TBC extrapulmonal yaitu kelenjar getah bening, tulang, kulit, ginjal dan organ lainnya.Gejala TBC kelenjar getah beningGejala TBC kelenjar getah bening atau sering dsebut TBC kelenjar, antara lain :
  • Benjolan di leher
Benjolan di leher pada penderita TBC kelenjar biasanya semakin membesar, tidak nyeri, dapat mengeluarkan cairan kekuningan. Benjolan ini disebut dengan skrofuloderma. Gejala lainnya dapat ditemukan seperti pada penderita TBC paru yaitu batuk lama yang disertai darah, demam lama, keringat malam, kelelahan fisik, dan penurunan BB.Selain TBC kelenjar, benjolan di leher juga dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening (KGB) karena infeksi di telinga, tenggorokan, atau gigi.Pengobatan TBC kelenjar getah beningPengobatan TBC kelenjar getah bening yaitu dengan :
  • Pengobatan TBC selama 6 bulan menggunakan kombinasi obat TBC. Jika kuman TBC masih ada, atau terjadi resistensi obat, maka terapi dilanjutkan menjadi 9 bulan.
  • Tindakan pembedahan
Tindakan pembedahan dapat dilakukan jika kelenjar getah bening mengeluarkan nanah, dan benjolan muncul kembali setelah pengobatan selesai ataupun pengobatan tidak efektif dalam mengobati TBC kelenjar.Jika benjolan yang Anda alami semakin besar, nyeri, dan mengeluarkan nanah, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kelenjar getah beningtbcminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil