20 Nov 2020, 14:10Penyakit Lainnya

Butuh Waktu Berapa Lama Sabu Dapat Menghilang Dari Tubuh?

NC
Info Penanya: NC0
Berapa lamakah norkoba jenis sabu hilang dalam tubuh kita dan bagai mana cara menghilangkannya dengan cepat?
14201 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang,terimakasih atas pertanyaannya.Sabu merupakan salah satu jenis narkoba berbentuk bubuk putih yang banyak ditemui di Indonesia. Penggunaannya bisa dengan dihisap, ditelan, atau disuntikkan. Efek menenangkan yang ditimbulkan sangat cepat, namun dalam penggunaan yang berlebihan dan terus-menerus dapat mengakibatkan kecanduan ataupun keracunan.Penggunaan sabu menimbulkan gejala seperti pernapasan yang cepat, nadi yang cepat, kenaikan suhu, kenaikan tekanan darah, insomnia, gangguan mood, paranoid, penurunan berat badan yang cepat, gigi yang rusak atau gusi bengkak, serta luka-luka bekas tusukan jarum pada kulit. Pada pemakaian yang berlebihan atau berkepanjangan dapat terjadi kerusakan pada sistem saraf pusat pada otak dan organ-organ lainnya yang bisa berakhir pada kematian.

Lama Kadar Sabu Bertahan Dalam Tubuh

Kadar sabu dalam darah dapat bertahan cukup lama dan berbeda-beda pada bagian tubuh tertentu. Hal ini digunakan sebagai acuan yang bisa digunakan dalam tes untuk mengetahui seseorang menggunakan sabu atau tidak.

Bagian tubuh yang dapat di tes kadar sabunya yaitu:

  • Urine, dalam 72 jam setelah pemakaian hingga 1 minggu bila pemakaian sabu yang panjang.
  • Air liur, dalam 1-4 hari sejak pemakaian terakhir
  • Rambut, dalam 90 hari sejak pemakaian terakhir.
Tidak ada cara untuk bisa mempercepat proses pembuangan konsentrasi sabu dalam tubuh. Setiap tubuh memiliki metabolisme pembuangan sabu yang berbeda-beda. Hal itu juga tergantung dari fungsi hati dan ginjal sebagai organ yang memproses pembuangan.Sebaiknya menghindari pemakaian narkotika apapun jenisnya. Penggunaan yang berkepanjangan dan berlebihan dapat merusak sistem saraf pusat yang berujung pada kerusakan sistem organ tubuh lainnya. Apabila anda memiiki masalah adiksi, sebaiknya untuk segera menghubungi pusat pelayanan medis terdekat untuk menjalani rehabilitasi.
mengatasi depresipenyebab depresinarkolepsikecanduan alkoholnarkoba
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil