30 Jun 2020, 00:36Penyakit Lainnya

Berapa lama narkoba bertahan di tubuh?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok,saya mantan pengguna narkoba jenis ganja dan sabu",kira" -+ 2 tahun yang lalu saya mengonsumsi sabu" dan kira" -+ 6 bulan lalu saya mengonsumsi ganja dok apabila di test apa kah bekas itu suda menghilanv di tubuh saya dok?
53169 Views
9 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam SU,Narkoba adalah obat-obatan yang terlarang dan bisa merusak jaringan tubuh dan bisa berakhir dengan kematian, dan tentunya obat ini akan menyebabkan ketergantungan yang seringkali membuat penggunanya kesulitan untuk menghentikan pemakaiannya. Berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan membeli narkoba yang harganya sangat mahal.Obat-obatan terlarang ini sering digunakan karena bisa memberikan efek menenangkan, rasa bahagia, meningkatkan energi sehingga seseorang bisa melupakan masalahnya untuk jangka waktu sesaat dan bisa bekerja lebih lama.Ganja memiliki kandungan zat aktif delta-9-tetrahidrocabinol (THC) dan larut dalam lemak sehingga bisa terdeteksi di dalam tubuh melalui pemeriksaan.

Dari berbagai penelitian diperkirakan zat aktif ini bisa bertahan di dalam tubuh selama:

  • 1 minggu sampai 1 bulan di urin sejak terakhir pemakaian.
  • 2 minggu di dalam darah sejak terakhir pemakaian.
  • 3 bulan pada rambut.
Namun rentang waktu tersebut tidak bisa dijadikan patokan, karena tergantung seberapa banyak Anda memakai ganja, dan seberapa lama Anda memakainya. Semakin banyak dan semakin lama Anda memakai ganja, maka tentunya tubuh butuh waktu semakin lama untuk menetralisirnya.Salam sehat,dr. Vina
ketergantungan opioidkecanduan alkoholnarkoba
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil