08 Sep 2021, 15:19Psikologi

Apakah ada bunuh diri yang enak?

KC
Info Penanya: KC0
Bunuh diri yg enak apa
190 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, KTerima kasih atas pertanyaannya.Pemikiran tentang bunuh diri dapat timbul dari tidak hanya dari seseorang yang memang memiliki gangguan mental seperti depresi, bipolar, PTSD tetapi juga dari orang-orang yang merasa tidak kuat dengan masalah yang dihadapi.  Menurut pemikirannya jika melakukan bunuh diri maka masalah akan selesai dan tidak merasa sakit lagi.  Padahal cara ini merupakan cara yang tidak dibenarkan baik secara medis, psikologis ataupun secara spiritual.  

Beberapa cara untuk mengurangi pikiran bunuh diri :

  • Mengalihkan pikiran dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat tidak hanya pada diri sendiri tetapi orang lain.  Misal dengan bantu orang tua, mencoba berjualan online, melukis, menggambar, olahraga.  
  • Coba berbicara dengan keluarga, kerabat, ataupun teman terdekat.  
  • Cari penyemangat diri bisa dengan ikut komunitas yang mendukung kesehatan mental.
  • Setiap pagi, bicara didepan kaca, keluarkan kata-kata yang positif sehingga dapat menjadi suatu motivasi diri jika dilakukan secara rutin. 
Jadi bunuh diri itu tidak ada yang enak.  Dan sebenarnya kehidupan itu titipan dari Tuhan.  Alangkah baiknya disaat masih diberikan kehidupan, dan kesehatan oleh Tuhan dipergunakan sebaik-baiknya.  Bila dengan cara tersebut tidak membantu menyingkirkan pikiran bunuh diri, konsultasi dengan psikiater untuk mendapatkan konseling dan penanganan lanjutan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaanbunuh dirigangguan psikologishidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil