Perut terasa begah dan sedikit sesak, penyakit apakah itu?

RA Info Penanya: RA, Pria, 24 Tahun
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu dan selamat sore dokter, saya mau nanya dok, seminggu ini bagian perut saya kayak aneh gitu tapi tidak merasakan sakit, seperti ketika kita kebanyakan makan gtu perutnya dan pernafasan saya sedikit berat. Ini gejala penyakit apa ya dokter. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gejala yang Anda alami ini merupakan kondisi perut yang terasa begah atau penuh. Sehingga menyebabkan nafas menjadi berat, sedikit sesak, dan terkadang muncul gejala mual dan muntah. Kondisi ini sering dialami oleh semua orang dan terkadang bisa hilang dengan sendirinya tetapi bisa juga menetap dalam jangka waktu tertentu.

Penyebab dari gejala Anda ini yaitu karena maag. Maag merupakan kondisi dimana lapisan lambung meradang atau membengkak. Peradangan ini diakibatkan karena infeksi bakteri yang menyebabkan ulkus pada lambung. Selain itu, penyebab lain dari maag yaitu konsumi makanan yang pedas dan asam, penggunaan obat antiinflamasi, faktor usia, gangguan autoimun, gangguan pencernaan, penggunaan tembakau, dan konsumsi alkohol.

Untuk mengatasi penyakit ini, biasanya dengan pemberian antibiotik dan obat-obatan asam lambung seperti antasida dll. Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter langsung agar diperiksa lebih lanjut dan diberikan terapi yang tepat. 

Selain itu, lakukanlah langkah-langkah pencegahan berikut ini agar tidak sering kambuh:

  • Menjaga pola makan (hindari makanan yang pedas, asam, dan bersantan. Serta jangan makan dengan porsi yang berlebihan).
  • Menghindari mengkonsumsi kafein yang terlalu berlebihan.
  • Tidak merokok dan tidak minum alkohol.
  • Konsumsi jahe, teh chamomile, mint. 
  • Makan sesuai dengan waktunya. Jangan sampai telat makan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.